Posted by : Unknown Minggu, 10 April 2016


Penggiat outdoor di Indonesia nampak semakin banyak aja. Terbukti dengan adanya event-event bertema outdoor. Tahun 2016 ini ada yang namanya INDOFEST 2016, acaranya dari Rabu(6/4/2016) sampe Minggu(10/4/2016) di Senayan. Acara beginian biasanya sih setahun sekali, jadi jarang-jarang adanya. Tahun sebelumnya juga ada acara serupa, namanya OUTFEST 2015. Kemarin Sabtu(9/4/2016) ane coba-coba dateng ke event INDOFEST 2016 karena penasaran, maklum sebelumnya belum pernah ke acara beginian hehe. 

Sebelum masuk ke acara ini, kita harus beli tiket dulu, harganya Rp. 25.000 per orang. Tiket ini berlaku hanya untuk satu hari saja. Setelah beli tiket, ane dapat gelang kertas dan tiket undian doorprize. Gelang kertas dipake di tangan pas masuk area sebagai tanda kalau kita udah beli tiket dan tiket doorprize buat dimasukin ke kotak undian di panggung yang ada di dalem gedung pameran. Setelah pembelian tiket kita masuk di area luar gedung, di sini kita bisa foto-foto dengan background mobil jeep, di area luar juga banyak fasilitas lain seperti ATM, Foodtruck, Indomaret, boulder untuk wall climbing ,dll. 

Well then, saatnya masuk ke gedung pameran. Pertama kali masuk kita harus tunjukin gelang kertas yang didapet pas beli tiket tadi. Nah kalo udah pake gelang, kita bebas keluar masuk area acara. Di dalem gedung pameran ada ratusan stand yang menjual produk-produk untuk kegiatan outdoor, mulai dari kegiatan hiking, climbing, arung jeram, camping, hammocking, dll. Tempat pameran bener-bener rame dan penuh sesak dengan pengunjung yang bersliweran. Berbagai merek barang-barang outdoor ada di mari, dari merek lokal kaya Eiger, Consina, Rei, dll sampe merek impor kaya The North Face, Deuter, Vaude, dll. Tiap stand juga nawarin diskon yang gila-gilaan bro dari diskon 10% sampe 50%. Kalo ane gak kuat iman, duit pasti abis di mari bro karena ngiler barang yang bagus-bagus dan diskon gede-gedean.

Selain stand jualan, di dalem gedung juga ada panggung. Nah dari panggung ini kita bisa ngikutin acara-acara seperti musik dan talkshow bersama tokoh penggiat outdoor. Kebetulan pas ane dateng ada talkshow bareng pembawa acara Jejak Petualang dan Ramon Tungka, itu tuh yang pernah keliling Indonesia dalam 100 hari. Dari acara- acara begini kita bisa tanya-tanya mereka tentang pengalaman yang mereka dapet karena penonton diberi kesempatan buat nanya-nanya ke pengisi acaranya. Setelah acara selesai baru lah pengundian doorprize dilakukan. Hadiah doorprize lumayan menarik lho dari USB sampe tas bermerek. Lumayan kan kalo dapet bisa balik modal tiketnya haaha.

Ada sedikit tips nih buat yang mau berburu perlengkapan outdoor di event-event beginian. Ini dia tips dari ane:
  1. Buat yang mau cari barang bagus kalo bisa datanglah di hari pertama karena stock masih banyak sehingga masih banyak pilihannya dan bisa jadi penjual buka diskon di awal-awal event
  2. Buat yang ngincer harga miring, biasanya ada di hari dan jam-jam terakhir event. Di waktu ini, exihibitor/penjual kemungkinan ngobral barang mereka buat ngabisin stok, tapi di hari-hari terakhir kemungkinan tinggal barang-barang sisa
  3. Sebelum masuk, tentukan dulu mau beli barang jenis apa dan merek apa sehingga kita bisa langsung ke outlet merek tersebut. Jangan lupa, liat/download peta stand-stand pameran biar gak pusing cari-cari stand yang pengen dilihat
  4. Teliti dalam membeli bro karena mungkin ajah terdapat barang-barang fake, jadi jangan sampe salah beli barang ya biar gak rugi. Biasanya merek-merek luar yang terkenal banyak yang memalsukan jadi harus teliti ketika beli barang
  5. Waspada dengan barang-barang bawaan ente gan karena biasanya kalo terlalu fokus liat barang yang ingin dibeli jadi lengah dengan barang bawaan. kondisi yang penuh sesak akan dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab buat nyopet or ambil barang ente.
Sekian share dari ane bro, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Terima kasih telah berkunjung ke Blog dan membaca artikel ini. Silahkan meninggalkan komentar jika berkenan. Kritik dan saran yang membangun akan sangat berharga bagi penulis.

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Seribu Satu Langkah -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -